TIPS: IELTS test for beginners

Selamat datang kembali….

Kali ini saya akan cerita tentang pengalaman test IELTS yang pertama kali dalam seumur hidup. Biasanya saya ambil test cukup TOEFL ITP saja, alasannya, yang pertama pasti murah dan terjangkau banget sekitar 500 ribuan, dan paket soalnya hanya ada tiga sections, yaitu listening, structure (grammar) dan reading yang terakhir masih bisa digunakan untuk kebutuhan sekolah dalam negeri maupun luar negeri (tahun lalu studi ke jepang masih bisa pake test jenis ITP ini). Tapi sekarang???

ini dia alasannya kenapa nekat ambil IELTS, yaps, keinginan untuk studi S3 di luar negeri lebih spesifiknya ke Belanda dengan memakai beasiswa LPDP. FYI, untuk LPDP tahun 2017 dan mungkin seterusnya, untuk sertifikat bahasa inggris hanya diperbolehkan IELTS atau IBT saja untuk tujuan ke LN. awalnya bingung mau ngambil IBT atau IELTS, karena sama-sama belum pernah ikut dan akhirnya pilihan jatuh ke IELTS dengan alasan utama yang ngecek IELTS adalah murni campur tangan manusia dibandingkan sistem komputer milik IBT, hehehe…

OK, apa yang harus kamu lakukan jika berada di posisi saya?, Simak,…

  1. Ketahuilah berapa score yang harus kamu penuhi sebagai syarat minimal untuk lolos beasiswa tertentu. Saya beri contoh, misalnya LPDP mensyaratkan 6.5 bagi yang sudah memiliki LoA dari Univ LN dan 7.0 bagi yang belum mendapatkan.
  2. Cermati tiap bagian yang diujikan di test IELTS. ada 4 bagian, listening, reading, writing dan speaking. Keempat-empatnya sangat berbeda dengan sistem TOEFL, jadi bagi yang belum pernah test, ini wajib diperhatikan. Nah, buku yang rekomended untuk digunakan adalah Barrons, IELTS yang bentuknya kaya gambar di bawah ini. harganya lumayan mahal sih, kalo misal gak punya uang fotokop aja punya temanmu yang punya, hehehe. Tapi biasanya kalo googling ada sih versi pdfnya.

    Image result for barron's ielts
    BARRON’s IELTS
  3.  Kalau sudah paham betul, maka sering-seringlah latihan soal. Nah, ini kenapa saya menyarankan untuk menggunakan bukunya seri BARRON ini, karena di dalamnya akan ada beberapa tipe contoh soal dan tips n triks cara menyelesaikan soal beserta latihan. Oh iya, kalau tujuan IELTS kamu untuk melanjutkan studi, maka pilihlah yang ACADEMIC IELTS, bagi yang untuk keperluan lain misal bekerja, maka tipe yang cocok adalah GENERAL IELTS. di buku Barron ini ada kedua-duanya. jadi jangan salah pilih, dan fokus pada tipe mana yang harus dipelajari.
  4. Peta PERENCANAAN. perhatikan berapa lama waktu yang kamu punya untuk belajar sampai deadline dari beasiswa yang kamu apply. Sebagai contoh, misal deadline LPDP LN tahun 2017 adalah 7 Juli, dan saya punya keinginan untuk ikut beasiswa ini adalah akhir bulan april, berarti paling tidak saya punya waktu kurang lebih 2 bulan sampai ada sertifikat saya peroleh. Satu bulan yang pertama saya gunakan untk memahami tips no.3. hingga akhir bulan mei saya memutuskan untuk memilih tempat dan tanggal pelaksaanaan test. saya tes tanggal 3 Juni, pas puasa… hehe (seru banget ini, cerita lengkapnya kapan2). nah disisa waktu sebelum hari H tiba, saya melakukan tips no.5
  5. Perbanyak latihan soal real IELTS. kalian bisa menggunakan buku dan panduan dari IELTS Cambridge 1 sampai 12. kalian bisa beli online di amazon. tapi ini mahal. mending donloat aja pdf dan audio filenya. ini saya kasih link semoga bermanfaat. buku-buku tersebut adalah kumpulan soal-soal IELTS yang pernah diujikan, setiap buku ada 4 jenis soal, jadi kalau kalian bisa membaca dan menyelesaikan semua ya Alhamdulillah, artinya kalian sudah benar2 siap tempur.
  6. Ini yang tidak kalah penting. Test PREDICTION. ini sangat disarankan buat yang tidak mengambil kelas IELTS preparation seperti saya karena Mehongg, alias Mahal bingitzzz. Jadi setidaknya sebelum hari test kalian paling tidak sudah mengukur kemampuan atau progress belajar dengan mengambil simulasi tes seperti ini, paling gak dua kali lah. tes ini murah banget, cuma 200-ribu. Bagi yang domisili di Jogja, saya sarankan ke ION (REAL English), harga 225 ribu, paling mahal daripada tempat2 lain, tapi setelah tes kamu bisa dapat langsung sertifikat dan yang pasti hasil test, sehingga kalian lebih cepat mereview kekurangan2 dalam belajar IELTS.
  7. Yang terakhir, jangan menyerah dan putus aja. Semua pasti ada jalannya. Yang penting kalian berusaha dengan sebaik-baiknya dan tentu saja jangan lupa berdoa.

Oke, begitulah tips dari saya, semoga bermanfaat. dengan tips tersebut saya bisa merah skor 6.5 saya untuk pertama kalinya…. dan semoga saya lolos untuk LPDP tahun ini, sehingga saya bisa share hal-hal menarik lagi di perjalanan saya.

Thank You….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s