Ayo Belajar Bahasa Inggris!!

Hello, World!!!

Di postingan ini, aku mau berbagi tips belajar bahasa inggris (bagi yang masih merasa bahasa inggrisnya pas-pasan). Sebelumnya aku mau kasih alasan kenapa ini penting banget bagi kalian meskipun sudah berstatus mahasiswa. Yap, Achievement. pencapaian atau kesuksesan seorang mahasiswa itu tidak hanya diukur dari nilai yang didapat di trankrip, di luar ini malah jauh penting dan bermanfaat pakai banget. Contohnya, jika TOEFL kalian tinggi, kalian bisa ikutan program pertukaran pelajar ke luar negeri, beasiswa untuk studi lanjut dan sebagainya.

Image result for learning english is important

Mungkin masih ada yang berpikir ‘Ah, gak penting-penting amat, bisa lulus aja udah syukur banget kok!”. Zzzzz….. ini menurutku pemikiran salah dan harus cepat-cepat dibuang jauh. Aku dulu pernah memiliki pemikiran yang sama, dan akhirnya menyesal, “Kenapa gak dari dulu belajar bahasa inggris yang giat!…”

Ok, next. Salah satu tujuan aku belajar bahasa inggris lagi yaitu untuk dapet nilai TOEFL minimal diatas 500. Itu gak mudah. kenapa? karena aku awal masuk kuliah S1, skor TOEFL ITPku hanya 400 an lebih dikit. Dan di UGM ada kelas bahasa Inggrisnya. Aku ngerasa waktu itu susah banget ngikutin pelajaran di kelas, apalagi di suruh presentasi, itu bener-bener gak tahu mau ngomong apa. akhirnya nyerah dengan nilai C. Di semester 6, aku ngulang matakuliah yang sama sekali lagi. Meskipun udah dibantu dengan ikut les, tetep aja dapet C. Dari sini aku baru tahu kalau kelemahanku di bagian Grammar.

Kurang lebih setahun baca-baca buku dan ngerjain soal tentang grammar. Dari situ saya mulai paham, beberapa fungsi penggunaan artikel, to be, modals, etc. Dalam hati “kemana aja kamu???? hari gini baru paham!!! hahhahaaa”. Nah, terus aku beraniin ngambil tes TOEFL ITP buat ngetahuin sejauh mana tingkat pemahaman saya (akhir tahun 2012, TOEFL ITP masih murce, 400 ribuan). Hasilnya aku dapat 470, jadi naik sekitar 50 point dari semester 1 ke semester 7 (Hahahahha… lumayan lah daripada stuck gak naik-naik). Karena belum puas, aku ngikutin les ITP Preparation dulu di PPB (Pusat Pelatihan Bahasa) UGM. Kelasnya itu intensif dari hari senin sampai hari Jumat kalau gak salah dan mulainya itu malam jam 18.30. Bayangin aja itu rasanya capek bangettttt. kenapa? karena di semester 7-8 itu waktunya sibuk banget ngelab, nulis skripsi dll, apalagi aku masih ngambil kelas di semester 8. Mau tahu gak kelas apa? Bahasa inggris lagi dan satu lagi ngambil kelas kimia ekologi (ini gara-gara jumlah sks ku kurang, hehe).

Yap, aku ngambil kelas bahasa inggris sewaktu kuliah S1 sampai 3 kali. Seharusnya udah dapet piring cantik plus payung tuh. Apapun lah, karena jujur aku malu nilai bahasa inggrisku di transkrip C, minimal B lah. Ternyata gak B juga, tapi A. Alhamdulillah, gak sia-sia perjuangannya. di akhir semester 8 pun (2013), akhirnya bisa meraih skor ITP 523. Horrayyyy…. 5 bulan aku naik 53 point.

Dari skor ini aku berani nyoba buat ngelamar beasiswa luar negeri, sebenarnya masih jauh sih dari persyaratan 550, hahaha… Tapi gak masalah. Meskipun di tolak saya tahu step-by-step tata caranya gimana.

Skor 523 juga menuntun saya kembali ke Kimia UGM untuk studi lanjut S2. Dan saya tidak mau berhenti belajar bahasa inggris. Ngalor ngidul (Ke utara Ke selatan) selalu bawa latihan TOEFL seperti Longman. Akhir semester 1 (Desember 2014) saya test ITP lagi, dan skor saya naik sekitar 20 point lagi menjadi 547. Sedih sih rasanya, nyaris banget itu satu soal lagi yang betul jawannya udah nyentuh 550,,…… Tapi ya sudahlah, syukuri saja. bagaimana pun juga nilai ini yang ikut serta membawa saya terbang ke negata sakura 2 kali untuk kegiatan summer course dan studi exchange.

Tadi mau bagi tips kan ya, kok jadi ngelantur. Ya sudah langsung saja:

  1. Niat. Ya niatnya jangan cuma hari ini terus besuk lupa.
  2. Latihan. Kamu bisa latihan dengan buku-buku soal TOEFL atau IELTS dan sejenisnya. Harganya mahal sih, tapi ini efektif. Atau cara lain kamu bisa latihan secara online yang gratis, cuma modal kuota atau Wifi gratisan
  3. Les atau Kursus. Ini bagi kamu yang punya uang simpanan lebih. jadi ini bisa membantu untuk memahami materi lebih dalam. jadi bisa lebih meresap sampai ke tulang-tulang gitu, hehe.
  4. Pasang Target. Ini penting banget buat memacu belajar kalian. contohnya, skor aku sekarang misal 450, satu semester depan aku harus naikin setidaknya sampai 500. Nah mau gak mau kalain harus belajar demi 50 point lagi.
  5. Simulasi Test. Jangan malas-malas ikut simulasi test. untuk ITP harganya lebih murah kok daripada tes bahasa inggris yang lain less than 100 ribuan. ada juga yang gratis, biasanya dari kegiatan HIMA (himpunan mahasiswa) gitu. dengan begituan kamu tahu progress belajar kamu sampai mana. Kelemahanmu di bagian mana, Listening-kah, Structure atau Reading.
  6. Youtube. disini banyak video-video tutorial dan tips bagaimana mengerjakan soal TOEFL yang effisien, jadi gunakan kuotamu sebijak mungkin (apalah..)

Nah segitu dulu tips-nya. Nanti kalau aku ada ide lagi aku tambahin. Yang penting semangat, jangan menyerah. See you….

 

Leave a Reply

