Kuliah tepat waktu???

Hallo semua,

ini adalah postingan pertama di blog baru saya. awalnya saya ingin share hal-hal yang lucu saja di blog ini, tapi setelah dipikir lama ternyata tidak akan mendatangkan terlalu banyak manfaat. Jadi saya memutuskan untuk menulis beberapa hal pengalaman saya selama menjadi mahasiswa.

Ok, pertama, saya mengucapkan selamat bagi teman-teman kemarin yang diterima masuk perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN (bener gak sih nulisnya, kayaknya sih bener). Semoga jurusan di PT yang menerima sesuai dengan harapan kalian. Nah bagi yang ketar-ketir menunggu hasil pengumuman SBMPTN, ya sabar, jangan lupa berdoa, kalian sudah berusaha keras Tuhanlah yang menentukan. Tapi tenang saja bila belum srek dengan hasil yang diterima masih ada perguruan tinggi yang akan membuka jalur ujian mandiri setelah SBMPTN.

Berhubung saya adalah alumni UGM, mungkin kebanyakan hal yang akan saya ceritakan ya seputar menjadi mahasiswa UGM.

  • Susah gak sih menjadi mahasiswa UGM, jangan-jangan bisa masuk gak bisa keluar?

Hmm, itu gak bisa digeneralisasi ya. kalau kalian giat belajar dan ngerjain apa yang seharusnya kalian kerjakan ya kalian bakal lulus tepat waktu. Meskipun begitu, percayalah ngomong kayak gini adalah susahnya minta ampun, butuh hati baja buat ngejalaninnya. Tapi ada beberapa tips buat kalian dari saya yang notabene mahasiswa biasa aja bisa cumlaude dan lulus 4 tahun kurang sedikit.

  1. Jangan sampai bolos kuliah tanpa alasan akut. Ini godaan sih, biasanya banyak yang berpikir “ah gak papa bolos, kan bisa titip presensi”. Please jangan lakuin itu. sebisanya jangan pernah, karena ini akan menjadi kebiasaan kalian nantinya dan akan berakibat fatal jika kalian sudah masuk dunia kerja. Ini sepele sih, tapi ini wujud latihan kalian bertanggungjawab dengan tugas kamu sendiri.
  2. Kumpulin tugas tepat waktu. Nah, kalo yang satu ini boleh nitip dikumpulkan tugasnya oleh temen, asal jangan nitip dikerjakan saja ya. Tepat waktu bisa menjadi nilai tambah buat kamu dari dosen. So, jangan pernah sia-siakan ini.
  3. bagi yang jurusannya eksakta atau IPA, hmm… kalian pasti akan menghadapi bermacam-macam jenis praktikum yang seminggunya bisa setiap hari hehe… untuk yang satu ini kalian harus bisa membagi waktu dengan baik. karena tiap praktikum pasti akan memerlukan laporan yang harus dikumpulkan dipertemuan berikutnya artinya kalian punya jeda waktu satu minggu (ya kalau praktikumnya seminggu hanya satu kali, kalau lebih? bisa-bisa jedanya cuma 1 hari, belum lagi tugas kuliah…) Jadi disini manajemen waktu sangatlah penting
  4. yang terakhir dari sesi ini, TIMELINE. Jadi setelah orientasi mahasiswa baru kalian akan mengiri yang namanya KRS (Kartu Rencana Studi) dan itu akan dilaksanakan setiap semesternya. Isinya adalah mata kuliah apa saja yang harus kalian ambil. nah kalo semster pertama dan kedua masih enak karena mengambil mata kuliah wajib semua. Nah mulai semester ketiga, kalian akan dihadapkan dengan mata kuliah pilihan. Pilihanmu inilah yang nantinya akan menentukan jenis tugas akhir seperti apa yang akan kalian jalani. lanjut ke TIMELINE, dari semester 3 kalau bisa kalian punya ancang-ancang untuk menentukan dosen pembimbingmu siapa. Jadi next semester kalian bisa ngobrol sama beliau untuk menentukan tema risetmu.

hmmm… kok kayanya gak ada waktu santai ya? Ada kok, ada. percayalah yang saya tulis di atas adalah tips, bisa kalian gunakan jika dianggap perlu. Jika kalian bisa mengatasi sendiri, itu lebih bagus karena cara sendiri bisa menjadikan kalian nyaman. Ok, itu dulu dari saya, postingan selanjutnya kayanya bagian yang seneng2 aja ya…

See you

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s